10.11.13

Makna Lambang Asal

TEATER ASAL
BEZPER (Bengkel Seni Pertanian)

Banyak yang memaknai proses dalam sebuah teater. Belajar hidup dalam kehidupan ,memaknai diri sebagai bagian semesta , eksplorasi jiwa, pencarian makna “aku” dan lain lain.  Begitupun  proses di Bezper yang tidak hanya dimaknai sebagai prosaik tunggal  alias penuh makna.  Namun demikian , setiap proses mempunyai arah dan tujuan yang jelas.

Melalui teater asal, Bezper berusaha mencapai salah satu dari tiga tujuan utama hidup , yaitu membentuk anggota Bezper yang “Manunggaling Kawula Gusti”. Tujuan tersebut tersirat dalam lambang Teater Asal.
 
Dari gambar di atas , dua sisi warna dalam topeng tersebut menggambarkan bahwa kita harus mampu tersenyum dalam keterpurukan dan menuju kerendahan hati ketika berada dalam senang. Pada dasarnya topeng berwarna hitam , yang kemudian separo ditumpangi warna putih. Hal tersebut menggambarkan proses Bezper adalah hitam menuju putih (petapa).

Sedangkan enam dawai , mengikatkan Teater Asal untuk selalu bersama dan berproses dalam satu wadah Bezper.

Dari berbagai makna dalam setiap bagian topeng , maka dapat diartikan secara keseluruhan , bahwa lambang asal bermakna :
 ‘’Pemeranan manusia dalam dua sisi kehidupan yang harus selalu bangkit dan ingat hari depan melalui proses dalam Bezper menuju tingkatan tertinggi kehidupan manusia”
Tingkatan tertinggi kehidupan manusia adalah menjadi seorang “Petapa”.  Yang tidak berpihak kepada kebenaran hakiki, menyerahkan seluruhnya dengan tidak berharap  ini dan itu. Alias “Manunggaling Kawula Gusti”.
-Kita tidak bisa berharap sebuah proses akan berakhir pada pencapaian kesempurnaan hidup. Tetapi kita akan berusaha untuk pencapaian kesempurnaan hidup.-

No comments:

Post a Comment

silahkan masukkan komentar. pesan, saran maupun kritik untuk BEZPER tercinta