9.12.12

Lukisan pensil : Cara belajar melukis adalah memaksakan diri


            Cara belajar melukis adalah memaksakan diri. Kita tau pelajaran melukis adalah pelajaran yang sulit di jelaskan dengan kata-kata, cara paling simple untuk menjelaskan adalah “terus melukis dan belajar sendiri” saat ada pertanyaan yang tak mampu kamu jawab,disinilah saatnya kita bertanya pada teman,atau pada dunia sekitar namun saat tak menemukan cara dan jawaban yang kita harapkan,kita akan kembali lagi pada diri sendiri karena kadang-kadang teman yang kita Tanya sebenarnya sudah menjawabnya tapi sulit di pahami dan di terima pemahaman kita, nah kalau sudah begini mending tidak usah banyak piker, kita mulai saja dengan praktek,praktek,dan praktek.
            Cara belajar melukis yang paling mudah dan terbukti adalah dengan cara memaksakan diri..haha..mengulang ulang..nikmati rasa putus asa dan semangat yang jatuh bangun,awalnya semuanya ini memang butuh paksaan pada dasarnya kita ini banyak yang pemalas..terutama bagi laki2..itu yang saya rasakan. Mending tidak usah banyak pikir..kita mulai saja dengan praktek,praktek,dan praktek..cara belajar melukis yang paling mudah dan terbukti adalah dengan cara memaksakan diri, kita bertanya pada teman,atau pada dunia sekitar namun saat tak menemukancara dan jawaban yang kita harapkan,kita akan kembali lagi pada diri. praktek,praktek,dan praktek.. cara paling simple untuk menjelaskan adalah “terus melukis dan belajar sendiri” dengan cara memaksakan diri.
            Cara belajar, bisa belajar langsung sama pelukis, dari buku-buku, browse di internet, yang pasti apapun cara belajar melukis. Harus Melukis Tiap Hari, itu kuncinya. Tiap sketsa yang dibuat, atau tiap warna yang ditoreh adalah pengalaman yang akan terus naik, jika konsisten. Jangan terpaku pada hasilnya harus bagus. Tapi bagaimana membuat suatu lukisan, misalnya gambar kartun itu menjadi bagus, tentu menurut kaidah seni yang standarnya susah katanya. Tapi tetap saja memiliki standar standar tertentu tentang keindahan, semisal, fokus, keseimbangan warna, komposisi, dll penting dalam belajar melukis.
            Perbanyak sketsa lukis, kalo anda baru mulai, sketsa apapun target diri anda misalnya sehari 20 lembar sketsa pinsil. Ini berguna untuk keberanian tangan anda kelak, apapun aliran melukis. Kemudian pahami warna, banyak buku-buku yang menerangkan tentang warna.
1. warna netral, hitam dan putih.
2. warna primer, biru, merah, kuning
3. warna skunder, hijau (campuran dari biru dengan kuning) orange (merah dengan kuning) ungu (biru dengan merah) warna primer, jika ketiganya diaduk, menjadi cokelat. warna skunder, jika ketiganya diaduk, menjadi abu-abu.

            Kemudian ada warna opposite, di mana antara kedua warna ini memiliki nilai kontras yang tinggi, tetapi bila dicampur menghasilkan warna gelap yang cukup asyik, yaitu antara kuning dengan ungu, biru dengan orange dan merah dengan hijau. ok dari segala cara apapun, yang terbaik dan termudah, adalah HARUS MELUKIS TIAP HARI, meski satu/dua jam. Perbanyak komunikasi dengan Tuhan, karena Dia Maha Indah. Dan dunia lukis memerlukan kesabaran dan perjuangan yang teguh dan konsisten.
            Bagi pelukis pemula kebanyakan agak kesulitan ketika melukis wajah sebab wajah menggambarkan isi pikiran atau isi hati seseorang misalnya orang sedang senyum, marah, benci, dendam, cemberut, senang dan sebagainya.
            Menggambar atau melukis foto wajah selain sebagai hobi dapat juga berguna untuk pengembangan kemampuan visual dalam menggambar sebuah objek yang realis, seperti objek manusia atau objek tiga dimensi lainnya dalam bidang dua dimensi.
            Terdapat dua macam menggambar foto wajah; yang pertama yaitu memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar semirip mungkin dan yang kedua memindahkan wajah dalam foto ke bidang gambar hanya dengan mengambil esensi dari wajah yang akan digambar. Pada kasus yang pertama dibutuhkan kemampuan visual yang cermat serta pengetahuan dasar mengenai anatomi wajah manusia. Sedangkan pada kasus yang kedua selain memiliki kamampuan visual dan pengetahuan anatomi wajah, juga dibutuhkan kemampuan membaca karakter dari objek.

Berikut ini beberapa cara melukis wajah dengan pensil :
1. Tentukan Tema
            Ketika anda hendak melukis wajah anda harus memastikan wajah yang anda gambar, apakah wajah senyum, cemberut, dan sebagainya. Selain itu tentukan wajah yang anda lukis itu apakah lak-laki atau perempuan apakah orang dewasa, remaja atau anak-anak. Jika anda sudah menentukan tema lukisan anda maka anda tinggal menggunakan insting melukis anda.

2. Pilih Model
            Misalnya jika anda hendak melukis orang yang sedang sedih, maka anda harus mencari seorang model yang bisa berakting wajah yang bersedih. Maka anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan model anda.

3. Buat Seketsa
            Membuat seketsa ini sangat penting agar wajah yang anda gambar bisa akurat. Buatlah seketsa wajah terlebih dahulu terutama di bagian dahi, alis, mata, hidung, mulut dan pipi. Sebab di bagian-bagian itulah yang bisa menggambarkan perasaan sesorang.

4. Perhatikan Obyek
            Untuk mempermudah proses penggambaran, sangat dianjurkan untuk membiasakan mata kita melihat objek yang akan digambar, dalam hal ini foto wajah yang akan digambar.  Peletakan objek yang akan digambar juga sebaiknya berdekatan atau seolah-olah berdekatan dengan bidang gambar.  Arah mata kita harus selalu berpindah-pindah dari bidang objek ke bidang gambar.

12 komentar:

  1. ass..
    mau nanya nih, gimana cara menggambar sketsa dgn cepat dan tiap garis yg aku gambar ga berbulu?
    dan kenapa ya kalo pikiran lagi mumet, mood buat menggambar jadi bertambah dan hasil gambarnya pun memuaskan?

    sekian & terimakasih buat infonya :D

    BalasHapus
  2. sketsa wajah selengkapnya bisa sharing di http://www.facebook.com/pages/KhazanArt/360179527395176

    BalasHapus
  3. Saya mau nanya, bagaimana jika belajar melukis dengan melihat contoh-contoh di youtube?

    BalasHapus
  4. mau nanya nih kan sebentar lagi ada perlombaan melukis,aq tuh gx pernah ikutan melukis tp sekarang mau ikutan,bagai mana caranya untuk melukis yank bagus dan ber d mensi.

    BalasHapus
  5. saya mau tanyak pensil apa yang bagus buat gambar yaaa

    BalasHapus
  6. bener banget gan, yang namanya menggambar itu butuh proses yang cukup panjang, soalnya ane ngerasain sendiri yang namanya menggambar gambar 3D itu sulitnya minta lagi. tapi step by step ane terus belajar ternyata akhirnya lumayan juga kepetik tuh hasilnya.... practice itu penting karena disanalah kesalahan2 kita akan mudah ditemukan.


    semangat kawan!!!

    BalasHapus
  7. siti fajar wulan21 Mei 2014 19.52

    hebat banget
    and cantik

    BalasHapus
  8. maaf mas itu kan karya saya yang saya muat di deviantart..kalau mau pake boleh kok tapi tolong cantumkan nama saya dan link deviantart saya…
    https://www.facebook.com/hana.novi

    BalasHapus
  9. kalau saya jujur ga setuju dengan memaksakan diri..baik saya berkarya atau skdar belajar corat coret semua itu harus dinikmati dengan perasaan suka..pilihlah objek yg anda sukai dengan demikian istilah memaksakan diri ga akan ada..kalau anda suka menggambar tentu hal itu ga harus jadi beban ..tapi lakukan dengan penuh kesukaan

    BalasHapus
  10. karena hasil dari keterpaksaan itu ga akn jadi baik yg penting punya good feeling good mood maka semuanya akan mengalir,mudah dan indah

    BalasHapus

silahkan masukkan komentar. pesan, saran maupun kritik untuk BEZPER tercinta