1.7.11

Perempuan Pejuang Zaman




Aku tiada gentar akan kesukaran
Aku tiada rintih akan kepedihan
Akulah perempuan pejuang zaman

Bara api semangat perlawanan
Telah meresap jauh ke dalam relung hatiku
Dingin embun segenap keberanian
Telah merasuk jauh ke setiap sudut sukmaku

Acap kali aku dilempar ke lubang hitam
Dibuang zaman, dilindas kerakusan
Aku pun harus berperang dulu dengan orang-orang tersayang
Melawan kolot mereka yang menentang kesetaraan
Tak jarang pula tengah malam aku harus berjalan sendirian
Mencari jawaban-jawaban yang semakin samar, hanya demi sebuah keadilan
Hingga terbeliaklah mataku, hingga gemetar segala bulu-buluku
Setiap kali mendengar gemuruh langkah penindasan

Namun tiada gentar
Aku tiada rintih

Hingga pada akhirnya
Gedung tua yang kukuh dan dahsyat
Tergoyang pada sendi-sendinya
Ketika semangat zamanku menghampiri
Pintu yang dipalang dan dijaga kuat-kuat itu
Lalu terbukalah perlahan-lahan
Dan tamu-tamu yang tidak disukai itu masuklah
Tamu-tamu kemerdekan
Kemajuan zaman
Perubahan
Kesetaraan
Keadilan hak perempuan
Hak perempuan!

010711
Sabrina Sasianti

No comments:

Post a Comment

silahkan masukkan komentar. pesan, saran maupun kritik untuk BEZPER tercinta