16.12.17

Dokumentasi Karya Teater Asal

Puisi adalah bantuk sastra yang memperhatikan pilihan kata dan kepaduan bunyi. Sebuah puisi, jika dibacakan dengan indah dan penuh penghayatan, merupakan sebuah penampilan seni yang menarik. Penggunaan bahasa dalam puisi seiring menggunakan makna-makna simbolis, sehingga tidak jarang terjadi penafsiran makna yang berbeda-beda dalam memaknai sebuah puisi. Puisi dapat mengekspresikan emosi, suasana hati, rasa pesona, kagum, keresahan, kegelisahan, dan suasana hati lainnya. Dengan puisi, seseorang akan lebih sadar akan dirinya untuk mengamat, mengagumi, atau memikirkan lingkungan dan alam sekitarnya. 

Memusikalisasi puisi merupakan kegiatan pembacaan puisi dengan cara dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi dengan mengkolaborasikan antara sastra dan musik.

Berikut merupakan sebuah karya sastra Teater ASAL berupa puisi berjudul "Berbeda" oleh Ayuning Indah Octaviana yang dikemas menjadi sebuah karya musikalisasi puisi, diiringi dengan keyboard oleh Hasbi Labib Herfitta.



No comments:

Post a Comment

silahkan masukkan komentar. pesan, saran maupun kritik untuk BEZPER tercinta