19.10.15

Happening Art (Hari Tani)

Karya : Amanda dan Ayu 2015 
(Puisi Opening)
Kau anggap apa aku
Tak kenal waktu aku berpeluh demi sebutir padi
Demi sikat sayur segar
Demi buah yang ranum
Karena itu yang kau harapkan
Tubuhku lemas, dadaku sesak ingin berontak
Tak dapat berbuat, apalagi membentak
Saat kau tentukan harga
Saat kau memonopoli semua
Kau anggap apa aku
Kau rampas jerih payah kami
Kau robek hati kecil ini
Kami tersenyum kecil
Dikala merintih kekecewaan
Kami beri alam yang indah
Tapi balasan keindahan tak juga terasa
Kau anggap apa aku
Tanpa kata, tanpa iba, aku terima
Aku ini siapa?

(Puisi Ending)
Kau otak dari semua kepala
Dalang dari semua wayang
Bersantai membentang kaki
Dimana hak kami?
Kau pakan tenaga tua yang lemah ini
Tak pernah melirik merasakan
Kau pandang dengan mata sendiri
Kami merendah kau merendahkan
Kami berjuang kau mempermainkan
Kau bilang negeri ini negeri pertanian
Kau bilang negeri ini penuh kemakmuran
Kau bilang masyarakat harus terhindar dari kemiskinan
Tapi apa kau tahu?
Betapa sakitnya batin ini mendengar semua janji-janji

No comments:

Post a Comment

silahkan masukkan komentar. pesan, saran maupun kritik untuk BEZPER tercinta